PANTAI KUKUP : TANAH LOT YOGYAKARTA

Pantai ini terletak sejajar dengan pantai Baron dan pantai Krakal. Orang-orang biasanya menyebut trio pantai tersebut dengan sebutan Baron, Kukup, Krakal. Ketiga pantai tersebut sering dijadikan tujuan dalam satu perjalanan liburan.

Pantai Kukup memilki pasir putih yang lembut. Keunikan pantai ini adalah keberadaan sebuah batu karang besar yang menjolok ke lautan. Melihat batu karang tersebut akan mengingatkan kita pada pantai Tanah Lot yang berada di Bali.
Pantai Kukup merupakan salah satu pantai yang populer diantara deretan pantai diwilayah ini. Pantai ini memiliki pasir yang putih terhampar luas yang menambah keindahan pantai ini. Pantai Kukup ini mempunyaii daerah laut dangkal yangu cukup tenang berjarak sekitar 100 m dari bibir pantai.
Daerah dangkal ini di batasi dengan gundukan terumbu karang pada ujung pantai seakan melindungi pantai dari hempasan ombak besar. Daerah dangkal di tepi pantai Kukup tersebut berisi terumbu karang, bintang laut dan berbagai macam ikan hias laut unik dan berbagai macam biota laut lainnya dapat dengan jelas anda lihat dari atas.
Jika terjadi pasang surut, pantai ini msih digenangi oleh jernih terutama didaerah-daerah rendah yang terisolasi. Disini kita dapat mencari ikan hias yang mungkin terjebak di kubangan tersebut. Pengunjung bisa berjalan kaki sampai ke ujung pantai bila laut sedang surut.
Lokasi
Pantai Kukup terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, sekitar 65 km dari yogyakarta atau kurang lebih 2-3 jam perjalanan.
Fasilitas
Fasiitas yang terdapat di pantai ini terbilang cukup lengkap dan memadai yang terdiri dari tempat parkir, musholla, wc umum, warung makan, penginapan dan berbagai tempat penjualan pernak-pernik khas dari pantai kukup ini. Juga terdapat pedagang ikan hias laut maupun terumbu karang yang di perdagangkan disepanjang pantai.
Harga tiket
Tarif retribusi pantai Kukup sama dengan pantai Baron dan Krakal yaitu Rp 10000

Murah bukan anda menikmati 3 pantai sekaligus dengan tarif murah.. ayo wisata ke Yogyakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar